Bakumpue- Bakumpue Tradisi Adat Sebelum Pernikahan di Nagari Kampung Batu Dalam

Bakumpue- Bakumpue Tradisi Adat Sebelum Pernikahan di Nagari Kampung Batu Dalam Pados Berita Terupdate, kali ini Pados Berita akan memberikan informasi berita penting terbaru, viral dan aktual dengan judul Bakumpue- Bakumpue Tradisi Adat Sebelum Pernikahan di Nagari Kampung Batu Dalam yang telah tim pados berita analisa, rangkum dan cari persiapkan dengan matang untuk anda baca semua. Semoga imformasi berita terbaru yang kami sajikan mengenai Artikel Berita, yang kami tulis ini dapat anda menjadikan kita semua manusia yang berilmu dan barokah bagi semuanya.

Judul : Bakumpue- Bakumpue Tradisi Adat Sebelum Pernikahan di Nagari Kampung Batu Dalam
link : Bakumpue- Bakumpue Tradisi Adat Sebelum Pernikahan di Nagari Kampung Batu Dalam


MWawasan, Solok (SUMBAR)~ Bakumpue- bakumpue (Musyawarah) merupakan tradisi adat sebelum melaksanakan pernikahan di Nagari Kampung Batu Dalam Kecamatan Danau Kembar Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat, Selasa (20/8/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh para Ninik Mamak, Ponakan dan urang sumando dari suku yang akan melaksanakan pernikahan.

Sebelum adanya kata mufakat yang diambil,  kegiatan Bakumpue- kumpue diawali dengan pitatah- pititieh adat yang disampaikan oleh Ninik mamak (Bandue di tapi) berhadapan dengan para sumando (Bandue di tangah).

Amrizal Pandeka Mudo mengatakan kalau tujuan baik yang datang sudah tentu kita sambut dengan baik pula. Namun yang perlu kita tanyakan apakah suku calon suami dari anak kamanakan kita, ungkapnya.

Mengenai suku yang akan manjadi calon suami dari anak kamanakan kita adalah malayu nan Ampek berasal dari Taratak Baru Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok.

Ketika ditanya kepada kedua orang tua, apakah sudah sepakat untuk baminantu, orang tua mengatakan telah sepakat untuk baminantu.

Akhirnya, hasil dari kesepakatan ditandai dengan menyuguhkan sirieh  dan rokok kehadapan Ninik Mamak yang hadir.

Sirieh dan rokok yang disuguhkan dihadapan bersama dibawa oleh utusan dari calon minantu yang datang.

#Buya




Sekianlah berita Bakumpue- Bakumpue Tradisi Adat Sebelum Pernikahan di Nagari Kampung Batu Dalam pada kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Sampai jumpa di postingan artikel berita lainnya.


Anda sekarang membaca artikel berita Bakumpue- Bakumpue Tradisi Adat Sebelum Pernikahan di Nagari Kampung Batu Dalam dengan alamat link https://padosberita.blogspot.com/2024/08/bakumpue-bakumpue-tradisi-adat-sebelum.html

Subscribe to receive free email updates:

AdBlock Detected!

Suka dengan blog ini? Silahkan matikan ad blocker browser anda.

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×