GAPOPIN Sumbar Komitmen dengan Mutu Pelayanan dan Mutu Kesehatan Mata untuk Masyarakat
Judul : GAPOPIN Sumbar Komitmen dengan Mutu Pelayanan dan Mutu Kesehatan Mata untuk Masyarakat
link : GAPOPIN Sumbar Komitmen dengan Mutu Pelayanan dan Mutu Kesehatan Mata untuk Masyarakat
MWawasan, Padang (SUMBAR)~ Rapat Kerja Daerah (Rakerda) 2025 Gabungan Pengusaha Optik (GAPOPIN) Sumatera Barat, Dengan mengusung tema “ Penguatan Peran Organisasi Dalam Peningkatan Mutu dan layanan pada Optik Anggota GAPOPIN”.
Dengan rangkaian kegiatan Workshop Nasional, Streak Retinoskop dasar bagi tim pelayanan kesehatan mata di optik anggota Gapopin, Bakti Sosial, pemeriksaan & Pemberian Kacamata untuk pelajar Kota Padang.Pada hari Sabtu – Minggu (16-17/8) di Pangeran Beach Hotel.
Ketua Gapopin Sumbar, Indra Yunaidi, S.Tr.Kes mengatakan Pelatihan Retinoskopi Streak untuk Optik GAPOPIN Sendiri Bertujuan Untuk Menegaskan Komitmen pada Kualitas dan Keilmuan
"Dengan penuh kehormatan, saya sampaikan bahwa inisiatif kami untuk menyelenggarakan pelatihan dan workshop Retinoskopi Streak bukanlah sekadar program, melainkan sebuah pernyataan. Ini adalah manifestasi dari komitmen GAPOPIN Sumatera Barat untuk menempatkan kualitas, keilmuan, dan pelayanan kemanusiaan sebagai inti dari setiap praktik optometri.
Dalam lanskap kesehatan mata yang dinamis dan semakin kompetitif, kita dihadapkan pada dua realitas yaitu peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan mata dan menjamurnya praktik optik ilegal yang sering kali mengabaikan standar keilmuan dan etika. Sebagai Ketua GAPOPIN Sumatera Barat, saya berdiri di hadapan bapa ibu semuanya hari ini, bukan hanya sebagai pemimpin, tetapi sebagai penjaga amanah. Saya memiliki keyakinan mendalam dan cita-cita mulia, yaitu ingin meningkatkan kualitas seluruh aspek soft skill, kualitas pemeriksaan, dan peningkatan keilmuan bagi para anggota Optik GAPOPIN Sumatra Barat yang berizin dan yang sudah memiliki tenaga Optometris.
Kita memiliki tanggung jawab moral dan profesional untuk tidak hanya bertahan, tetapi juga menjadi mercusuar. Kita harus menjadi tolok ukur kualitas dan profesionalisme yang membedakan kita dari praktik ilegal. Kita adalah benteng terdepan dalam menjaga integritas profesi ini.
Mari kita jadikan momentum ini sebagai titik balik untuk bergerak maju, mengukir prestasi, dan membangun masa depan yang gemilang.
Pelatihan Retinoskopi Streak ini adalah langkah strategis untuk mencapai hal tersebut. Retinoskopi adalah salah satu pondasi fundamental dalam ilmu optometri. Penguasaan teknik ini, terutama metode streak, memungkinkan kita untuk Meningkatkan Akurasi Diagnosis,Retinoskopi statis adalah teknik pemeriksaan objektif untuk menilai kelainan refraksi seperti miopia, hipermetropia, dan astigmatisme. Dengan teknik ini, kita dapat menentukan resep kacamata yang lebih tepat dan akurat, bahkan pada pasien yang sulit seperti anak-anak, bayi, atau individu dengan disabilitas intelektual. Retinoskopi juga memungkinkan kita untuk mendeteksi kelainan tersembunyi seperti hipermetropia laten dan pseudomiopia. Ini adalah jaminan bahwa setiap resep yang kita berikan benar-benar sesuai dengan kebutuhan mata pasien, bukan sekadar perkiraan.
Menjamin Kualitas Layanan Terbaik,dengan memiliki soft skill dan hard skill yang superior, kita bisa memberikan pelayanan yang melampaui ekspektasi. Pelatihan ini adalah investasi pada keahlian kita, menjadikan kita ahli yang membutuhkan 10.000 jam untuk menguasai suatu bidang, setara dengan 7.7 tahun jika berlatih 5 jam per hari. Ini sejalan dengan prinsip yang digagas Malcolm Gladwell dalam karyanya
Outliers. Pelayanan terbaik bukan hanya tentang produk, tetapi juga tentang keyakinan pasien bahwa mereka berada di tangan profesional yang kompeten dan peduli. Membangun Kepercayaan Masyarakat ketika masyarakat merasakan perbedaan kualitas pelayanan yang kita berikan, mereka akan memahami bahwa pemeriksaan mata yang sesungguhnya membutuhkan keilmuan dan dedikasi. Ini adalah cara paling efektif untuk mengedukasi publik dan mengikis praktik-praktik yang tidak beretika.
Inilah investasi kita pada masa depan. Kita tidak hanya melatih teknis, melainkan juga menanamkan semangat profesionalisme, integritas, dan pengabdian. Melalui pelatihan ini, kita memastikan bahwa setiap optik anggota GAPOPIN Sumatera barat adalah benteng pertahanan terakhir bagi kesehatan mata masyarakat Sumatera Barat, memberikan pelayanan yang tidak hanya terbaik secara teknis, tetapi juga tulus dan penuh empati."
Wakil Kepala Kesiswaan SMPN 37 Padang, Elmita Ahmad, menyambut baik kegiatan Baksos yang diadakan Gapopin Sumatera Barat, untuk pemeiksaan mata anak anak pelajar yang mengalami ganguan mata dan sangat membantu sekali bagi masyarakat, kami mengucapkan nterima kasih kepada Gapopin yang telah mengadakan acara ini dan semoga kedepan gapopin semakin jaya, semakin eksis di Sumatera Barat.
#An
Sekianlah berita GAPOPIN Sumbar Komitmen dengan Mutu Pelayanan dan Mutu Kesehatan Mata untuk Masyarakat pada kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Sampai jumpa di postingan artikel berita lainnya.
Anda sekarang membaca artikel berita GAPOPIN Sumbar Komitmen dengan Mutu Pelayanan dan Mutu Kesehatan Mata untuk Masyarakat dengan alamat link https://padosberita.blogspot.com/2025/08/gapopin-sumbar-komitmen-dengan-mutu.html